Sunday, March 6, 2016

SECOND TRIP | 1 Week In CHINA & HONGKONG TRIP. Ni Hao Ma?

Ni men hao??? Artinya kalian semua apa kabar. Eh bener kan ya? xD
 


Kamis kemarin aku baru aja balik ke Indonesia. Iya aku habis berlibur di China seminggu lamanya. Aku akan cerita secara singkat saja (kalau bisa) tentang pengalamanku di negri tirai bambu alias negri nenek moyangku. hahahaha.


Day 1

Kami berangkat dari Surabaya sekitar jam 8 atau 9 pagi WIB menuju Hongkong. Perjalanan kurang lebih 4 jam. Setibanya disana, kami dijemput dua
bus besar dan diantar ke Shenzhen,China. China dan Hongkong beda negara. Jadi kami mesti lewat perbatasan dulu. Sesampainya di Shenzhen, langsung deh diantar ke Luohu Mall. Kalau di Surabaya macam Delta, Atom lama, atau sebrangnya atom Sibec apa itu lupa namanya. Nggak seberapa suka. Barangnya KW nya kuaweeee banget. Alhasil cuma dapat sepatu boots hitam.

Habis capek jalan muterin mall segede gitu, kami kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke Guangzhou untuk beristirahat. Hotelnya hotel bintang 4 Canton Hotel.


Day 2


Pemberhentian pertama di Sun Yat Sen memorial. Karena hujan, jadi nggak bisa terlalu menikmati pemandangan deh. Tuh kameraku juga burem-burem kena air hujan. Sehabis foto group di depan patung itu, kami masuk ke dalam gedung besar yang ada di belakang tuh. Itu tuh yang atapnya biru pilarnya merah. Iya yaelah ho oh. Dalamnya ada makam Sun Yat Sen atau gimana lupa aku.



Ini lah pokoknya aku nggak begitu ngerti. Ketutupan tumbuhan gitu. Eh iya Sun Yat Sen itu siapa ya? wkwkwk! Presiden atau rajanya gitu harusnya sih. Ini nih akibat di bus tidur terus. Sampai nggak ngerti. Maafkeun.

Sehabis dari situ, bagi yang muslim dan mau sholat, mereka berkunjung ke Huai Sheng Masjid. Kalau yang nggak bisa ke Beijing Road. Namanya aja yang Beijing. Dinamakan begitu karena barang-barang di Beijing biasanya lebih bagus dan kadang ada juga yang branded. Dan ditempat ini mirip seperti itu. Begitu.

Kalaplah saya sodara-sodara! Baru sekali ini seumur hidup tenteng belanjaan segitu banyak. Dua tangan nggak cukup. Sampai dibantuin temanku bawa sebagian. Gila bener kasian saya. Hahaha tapi cukup puas belanja disana. Oiya Tipsnya, hati-hati barang bawaan. Tas harus ada di depan. Gara-gara banyak pencurian, disana sampai ada perkataan "Tas berada di depan milik sendiri, tas di samping milik berdua, tas di belakang milik bersama". Understand? Standdddd.

Dan juga harus pintar menawar. Jangan kayak saya. Nawarnya harus sadis. Saudara saya beli jaket pertama harga 800 Yuan. Ditawar, tawar, tawar, dapat berapa? 200 Yuan. Muke gile! Kata tante saya "Tawar habis-habisan! Jangan takut diomeli. Ojo sampe cino diapusi cino". Jangan sampai cina ditipu cina katanya. Hahahaha.

Sore harinya kami berangkat ke bandara untuk penerbangan ke Xi'an. Menginap di hotel Grand New World.


Day 3

Hari yang ditunggu-tunggu! Pergi ke Terracotta! Itu yang di game Dynasty Warrior! Yang orang-orangnya jadi pasir batu semua gitu. Kereeennn. Sayangnya nggak ada tokoh-tokoh di game Dynasty Warrior yang saya temui. Semua macam prajurit dan kaisar ntah siapa.


Dari Terracotta kami pindah ke Bell Town Square. Ada semacam pasar dan mall juga disekitar situ. Pasti belanja-belanja dong. Tapi nggak tau kenapa kok nggak jadi mengunjungi Bell Town-nya. Malah pada pergi belanja semua. Aku dan seorang temanku mau coba kesana. Eh bayar 75 Yuan ternyata. Kata temanku nggak worth it sama isinya. Jadi balik deh. Nggak jadi masuk. Akhirnya belanjalah sayeee. Dapat koper kecil 130 Yuan dan boneka panda lutchu!


 Malamnya kami diajak untuk menonton pertunjukan tari-tarian. Nggak tahu nama tempatnya. Diluar jadwal juga. Jadi nggak ada penjelasan tempatnya di jadwal tour. Cukup baguslah nggak bikin ngantuk.




 
Day 4
Walaupun capek dan ngantuk, aku harus tetap mandi dan bangun pagi jam 5. Gilaakkk!!! Setelah makan pagi, kami semua menuju bandara untuk penerbangan ke Guilin. Setibanya disana, kami mengunjungi Reed Flute Cave dan Elephant Trunk Hill.


Ini fotoku di Elephant Trunk Hill. Silau panas banget walaupun hawanya dingin. Bentar banget disini. Cuma foto bareng-bareng abis gitu langsung cus ke Reed Flute Cave. Aku nggak ambil foto sih di cave-nya, soalnya sama kayak gua yang aku datengin di vietnam kemarin. Bisa cek postku disini
atau bisa cek videonya aja yang lebih lengkap disini

Jalan menuju cave-nya behhh naik tangga banyak banget. Turunnya pun juga gitu. Tapi aku malah foto-foto di jalan sebelum dan sesudah masuk cave-nya.
 

Selanjutnya kami pergi ke sebuah perusahaan giok dan mutiara. Nah ini nih cerita Putri Giok dimulai. Disana kita mendengarkan "presentasi" mengenai batu giok dan mutiara. Lucu banget pegawai yang presentasi. Cewek humoris banget. Dan satu lagi adalah anak dari pemilik tempat tersebut. Anak bos gitu. Jujur banget dia, dia bilang kalau sebenarnya nggak suka kasih presentasi semacamnya. Karena papanya lagi diluar ruangan tersebut, jadi kami disuruh pura-pura excited dan mendengarkan. Hahahaha aneh nih. Tapi overall menyenangkan karena sambil bercanda-canda.

Setelah mereka selesai presentasi si anak bos ini membuka sesi tanya jawab, nah ada salah satu teman tourku nyeletuk umurnya berapa, udah punya pacar atau belum. Umurnya 28 atau 29 gitu. Kemudian temanku lainnya nanggepin, "Dijodohin sama yang paling muda disini aja! Mana ya peserta paling muda?". Maksudnya AKU! Si kampret. Pecahlah suasana. Saya dijadikan bahan mainan, bung!

Nah sekarang saatnya pindah ke ruang sebelah. Tempat dimana giok-giok dan mutiara dijual. Aku masih tertinggal dibelakang. Orang-orang didepanku pada tanya-tanya "yohana mana yohana? Dicariin nih". Singkat cerita aku diberi satu cincin mutiara hitam dan dikasi diskon gila-gilaan. Nih fotonya.


Cincinnya biasa aja sih. Sejutaan kalau dirupiahin. Tapi yang aku hargain adalah kebaikannya. Kasih orang yang baru kenal segitu. Mungkin bagi dia itu murah dan bukan apa-apa ye. Tapi bagi aku, aku sangat amat menghargai pemberiannya. Yang ini dipaksa foto!!! Ciyus!


Ya seneng sih. Baik banget orangnya. Kata pegawainya emang dia orangnya suka nolong. Sejak itu munculah julukan "Putri Giok" yaitu saya! Agak malu tapi seneng juga aku jadi semakin deket sama semua orang di tour. Padahal kemarin-kemarin diem aja, nggak ada topik. Sekarang boro-boro. Malah becanda terus isinya. Aku juga lebih bisa jadi diri aku sebenarnya. Nggak perlu malu-malu lagi. 

 
Day 5

Hari ini kami akan pergi ke Sungai Li. Biasa aja sih sungainya (maaf). Tapi emang gitu. Naik kapal fery. Bagusan kapal yang aku naik di Vietnam. Padahal ini tempat wisata utama disana. Sayang banget.


Nggak foto banyak juga. Karena biasa aja. Dan panas banget, silau, nggak bisa foto. Merem terus kriyip-kriyip jadinya.

Dari situ, kami menuju ke Station Bullet Train untuk menuju ke Shenzhen. Sayang banget nggak foto di stasiunnya karena terburu-buru dan ribet bawa dua koper.
 

Gila cepet banget keretanya. Tapi nggak ada bunyi mesin atau apa gitu. Dan rasanya pas duduk ya biasa-biasa aja. Pas lihat ke jendela baru kelihatan kalau memang kereta ini jalannya cepet banget. Untung nggak ada insiden rem mendadak. Bisa jadi sayur asem jempalitan kami.

Pas dikereta, kami diinfokan bahwa pesawat kami delay! Yang harusnya besok sore kita sudah bisa pulang, harus mundur sampai jam 3 subuh! Dan kami harus nginep tuh di bandara. Yaudah mau gimana lagi yak. Dibikin have fun aja. Sampai Shenzhen udah malam, jadi kami langsung ke hotel untuk tidur.


Day 6

Bangun pagi, kami menganggur. Nggak seperti biasanya yang harus terburu-buru.Hal ini karena sudah tidak ada jadwal lagi untuk berkunjung ke tempat wisata. Harusnya kita sudah siap-siap ke bandara untuk penerbangan ke Indonesia. Di lobby, merem-merem, cerita-cerita. Yang lain pada mau pergi ke mall katanya, tapi karena kondisiku kurang sehat aku memutuskan untuk di lobby aja nunggu (nggak boleh dikamar karena sudah diharuskan check out).

20 menit berlalu kok nggak pada pergi orang-orang, ternyata tour guide kami memberikan berita gembira, ada jadwal tambahan! Kami akan pergi ke 2 tempat wisata lagi! Yes nggak jadi sendirian di hotel batinku. Berangkatlah kami ke Dong Men Mall. Katanya ada brand-brand terkenal dan ada juga yang barang-barang pasar gitu. Tapi disatu tempat gede gitu. 

Sampai disana, beehhh langsung aku mengincar H&M. Mumpung disini batinku. Aku pisah dengan teman lainnya karena mereka lebih memilih belanja di pasarnya. Kuberanikan jalan sendiri sambil mengingat-ingat tempat berkumpulnya. Kalap sodara-sodara lihat baju bagus-bagus. Pengen beli semuanya. Pengennya sih aku masuk ke mallnya, tapi takut nggak tahu jalan keluarnya. Habis dari H&M aku kembali ke tempat berkumpul. Tapi tetep, pas jalan tetap lihat kanan kiri, ada 3 concept eyes ya boleh lah mampir lihat-lihat. Lalu aku nemu highlighter bagus. Akhirnya aku beli untuk oleh-oleh sahabatku. Dia lagi pengen banget punya highlighter.
 

Pas duduk-duduk, eh ini mata lihat didalam mall sebrang ada benefit! Masuklah saya. Ternyata gede banget tempatnya yawlah uang bisa ludes ini gimanaaaaaa. Ada macam-macam brand yang aku gemari. 

Tapi apa daya, hari terakhir kantong sudah menipis jadi cuma bisa beli brand maybelline dan loreal sajahhhh. Kasihani saya koko, cece!
   

Ini foto tempatnya. Jadi gedung-gedung pisah gitu sendiri-sendiri. Fotonya gelap. Kalau mau lihat jelasnya bisa lihat di instagram ya. Banyak foto yang udah aku edit jadi lebih bagus. Klik link dibawah ini untuk lihat.
instagram

Habis capek belanja, destinasi selanjutnya adalah Window of The World. Miniatur-miniatur objek terkenal diseluruh dunia. Macam Taman Mini tapi ini dunia. Aku juga dikit foto-fotonya. Video juga nggak seberapa banyak. Karena udah kumus-kumus dan agak bete karena capek. hahahaha!



Hari semakin gelap, waktunya kami menuju ke Hongkong untuk penerbangan ke Indonesia. Kami naik Jet Foil. Mboh gimana itu intinya kapa. Perjalanan setengah sampai 1 Jam dari Shenzhen.

Tiba di bandara Hongkong kami langsung cari kursi untuk beristirahat sampai jam 3 subuh. Untungnya kami dapat voucher makan (lupa berapa HKD) di foodcourt-nya. Oiya Yuan udah nggak berlaku disini, jadi pas di China harus dihabisin deh biar nggak mubazir. Kalau mau tuker pun harus ada minimal berapa gitu lupa.

Ngantuk banget bingung mau ngapain di bandara. Itu posisi jam 9 atau 10 malam kayaknya. Yang lain pada tidur, entah kemana, ngobrol-ngobrol. Karena aku nggak bisa diem orangnya, aku beraniin untuk jalan-jalan muter. Banyak brand-brand terkenal. Lumayan buat cuci mata. Oiya yang tadi aku foto eyeshadow maybelline dan loreal itu di bandara Hongkong. Itu depan aku duduk ada counter chanel. Cuma bisa lihat dari depan karena udah mau ditutup, udah malam.

Aku puter-puterin tu satu lantai. Sambil bbman sama sahabat aku ini. Heboh sendiri di bbm. Gejolak pengen shopping yang tertahan judulnya. Beberapa jam kemudian baru deh kerasa lapar. Karena teman cewekku pada tidur, yasudah aku sama yang laki-laki aja naik ke foodcourt atas. Makannn!!! Eh baru seneng, kirain malam bakal sepi. McD-nya yang antri buanyakkkk. Yaudah kami cari yang apa aja sepi deh. Dapet deh semacam friend chicken gitu. Termasuk enak kok. Enak atau karena laper mboh wes!

Kami makan, sambil cerita-cerita. Kadang mereka cerita soal kerjaan mereka, aku nggak mudeng. Sesudah itu kami muter-muter nggak tahu cari apa, ehhh nemu stand yang ada laptopnya, hp, dll itu lho. Nggak tahu namanya hahahaha. Ada tempat charge juga jadi sekalian deh. Sambil nunggu jam 3 nonton youtube ryan higa biar nggak ngantuk.     

Nggak kerasa udah mau jam 3, tour guide kami menginfokan agar kami segera menuju gate keberangkatan. Langsung wussss. Eeee sampai sana juga masih nunggu. Belum dibuka ternyata. Pas udah dibuka, uantriii panjang juga. Sampai pesawat





Sekian deh cerita perjalananku di China dan Hongkong. Hmmm apa ya yang perlu aku kasih tau untuk kalian yang juga baru pertama kali mau kesana.

- Yang jelas siapkan uang Yuan! Jangan asal tukar ditempat sembarangan. Kadang ada yang nakal kasih kita uang palsu. Waktu itu aku tukar di tempat perbatasan dari Hongkong mau ke China kayaknya. Dapatnya lumayan bagus kata tour leader dari China-nya. Atau tukar di ICBC. DI bank-bank gitu aman.

- Toiletnya juara! Sedapnyeee ni bau! Harus siap-siap tisu kering yang banyak! Aku aja sampai bawa banyak nyak bener buat persediaan. Karena kebanyakan toilet tidak menyediakan itu. Toiletnya kebanyakan jongkok juga. Kotornya haleluyaaaa! Tisu basah juga ya.

ada kejadian lucu lucu menjijikan. Jadi pas aku nungguin temenku yang lagi kencing, tiba-tiba ada ibu-ibu Cina masuk ke salah satu bilik dannn apa yang terjadi sodara-sodara, TIDAK DITUTUP PINTUNYA! Shock bukaann??? Bukaaannn!!! Sampai aku yang minggir sungkan jijik-jijik nahan ketawa sama bergidik. Dan udah dia keluar tanpa dosa. Oiya banyak juga ditemukan si kuning mengambang. Siapkan mental.

- Hati-hati copet. Meski di mall yang bagus juga hati-hati.

- Hati-hati juga untuk para wanita, di pasar maupun di pinggir jalan, banyak koko-koko ganteng bertebarang diluar sana hahahaha!
 
- Kalau bisa hafalin sedikit-sedikit bahasa mandarin. Untuk percakapan ketika belanja kali ya, kayak ini berapa, seceng, goceng, gocap, dll. Biar nggak bingung. Soalnya dari pengalaman banyak yang nggak bisa meskipun anak muda.

- Hati-hati kalau beli barang kamu harus jeli dan pantau terus. Pas bayar bisa-bisa bayar kamu diganti barang lain.

- Disarankan tidak membeli barang elektronik. Dari pengalaman teman kakakku, dia beli hp. Ya udah dibayar segala macam, udah dicek masih segel dll, sampai rumah dibuka isinya batu atau apa gitu. Kan kampret ya! Tapi kalau beli di counter resminya sih harusnya nggak. Sayang banget gara-gara takut aku nggak jadi beli ip6.

- Cari info disana sedang musim apa. Biar nggak salah kostum.

- Bawa baju secukupnya aja. Disana banyak banget baju yang bagus dan dijamin bakal shopping edan-edanan.

- Koper siapin lebih. Atau nggak beli koper lagi kayak aku.

- HARUS PANDAI MENAWAR! Nggak usah sungkan mau nawar setengah lebih dari harganya. Percaya deh! Tapi dengan catatan, kalau nggak bener-bener mau beli jangan nawar. Cukup tanya aja nggak apa-apa harganya berapa. Tapi kalau udah nawar nggak beli, bisa ngomel-ngomel tuh. Emang ngomel bahasa cina gue juga nggak paham. Tapi teman kakakku sampai dilempar barang sama dia. Serem!

- Kalau belanja pakai kresek di mall atau tempat modern bayar. Udah kayak di Indo sekarang gitu.


Apalagi ya. Itu aja yang baru inget. Nanti kalau inget di update lagi lah. Sekian dulu. Aku sangat amat berterima kasih banyak buat kalian yang udah mau luangin, sempetin, buang-buang waktu untuk baca cerita pengalamannku ini.

Kalau ada kritik atau saran aku sangat menghargai dan mengharapkan kalian untuk komen dibawah ya. Kalau mau subscribe boleh bangettt. Youtube juga. Kalau nggak suka baca bisa nonton aja ya kan??? Xie xie!








china trip.traveling.asian.asia traveling.indonesia traveler.china travel experience. hal yang harus diperhatikan sebelum pergi ke china hongkong. tips pergi ke china hongkong. waspada copet di china. explore china hongkong. wanderlust .  berlibur ke china hongkong  . tour ke china hongkong. pengalaman ke china hongkong . tempat wisata di asia yang harus dikunjungi . guangzhou xian shenzhen guilin beijing dong men mall. pusat perbelanjaan di china hongkong . kegiatan berlibur di china hongkong

No comments:

Post a Comment